Belajar MS. Word : 1.1. Membuat Tabel

Assalamu’alaikum Wr. Wb., Disini saya akan membahas mengenai penggunaan Tabel di Microsoft Word 2013.

Tabel terdiri dari rows (Horizontal, kiri-kanan) dan columns (Vertical, atas-bawah) yang membantu mengorganisir dan menyampaikan data yang lebih terstruktur.

Sebagai contoh, kita ambil skenario dimana kita akan menyampaikan data mengenai nilai siswa selama tiga tahun. Kita dapat menampilkan informasi dengan ringkas dan menjadi format mudah-dibaca menggunakan tabel, seperti tabel dibawah ini,

Simple table

Simple table

Kita dapat menggunakan tabel untuk mengatur data dan informasi di rows dan columns nya.

Membuat Tabel

Ketika kita akan membuat tabel, kita harus menentukan berapa rows dan columns yang diinginkan. Persegi yang dihasilkan dari persimpangan/pertemuan dari garis rows dan columns disebut Cell.

Catatan!

Secara default, MS.Word memberikan warna pada garis di cell sebagai batasan pada tabel. Jika kita mau menghilangkannya, kita akan melihat garis yang hampir kasat mata sebagai referensi visual dari rows dan columns dalam tabel.

Untuk membuat sebuah tabel di MS.Word, ikuti langkah dibawah ini :

  1. Arahkan cursor dimana kita ingin menambahkan tabel,
  2. pada bagian atas, klik Insert tab,
  3. Klik Tabel, dan kemudian pilih Insert Tabel di menu tersebut. Maka pop up Insert Tabel akan muncul, seperti berikut :

    Insert table

    Insert table

  4. Tentukan nilai columns dan rows yang diinginkan pada Number of Columns dan Number of Rows,
  5. Dibawahnya ada AutoFit Behavior, antara lain : Fixed Column Width (Menentukan lebar dalam Inch), AutoFit to Contents (Lebar otomatis menyesuaikan text dalam cell) dan AutoFit to Windows (Lebar otomatis menyesuaikan dengan jendelanya).
  6. Klik Ok untuk membuat tabel sesuai dengan rows dan columns yang telah ditentukan.

Maka hasilnya akan seperti berikut :

Contoh Table

Contoh Table

Comment with Facebook

Leave a Reply